SEJARAH PASTA


SERUNYA FAKTA SEJARAH TENTANG PASTA.



Ada yang tau ga sih sejarah tentang pasta?

Sejarah tentang pasta pada awalnya cukup simpang siur, mulai dari marco polo yang diduga memperkenalkan pasta di Italy sampai pada kenyataan bahwa pasta dibuat oleh orang – orang Etruscan .
Mau tau cerita lengkapnya ??


baca fakta sejarah pasta di bawah :


• Pasta bukan diadaptasi Marco Polo dari China.


Dia memang pernah menulis makan pasta di istana Kublai Khan, namun dia bukanlah orang yang memperkenalkan pasta ke Italia. Fakta membuktikan orang-orang Etruscan lah yang pertama kali membuat pasta sekitar tahun 400 SM. Bukti itu terlihat dari ukiran di gua yang menggambarkan proses pembuatan pasta, yang terdapat sekitar 30 mil utara Roma. 
Bukti lainnya ditemukan di dalam surat wasiat Ponzio Baestone, serdadu Genoa yang meminta sekeranjang kecil makaroni. Surat wasiatnya ini ditulis pada tahun 1279, sekitar 16 tahun sebelum Marco Polo kembali dari China.

• Di belahan dunia lain orang China telah makan makanan sejenis pasta atau mi sejak 5.000 SM.

Christopher Columbus,
salah seorang penggemar pasta yang tersohor, dilahirkan pada bulan Oktober yang di Italia dirayakan sebagai Bulan Nasional Pasta.

Thomas Jefferson 

disebut sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan makaroni ke Amerika Serikat. Sepertinya dia jatuh hati pada makanan yang dicicipinya di Naples, selagi menjadi duta besar AS untuk Prancis. Dia bahkan memesan berpeti-peti makaroni dan mesin pembuat pasta untuk dikirim ke Amerika Serikat.

• Penjelajah Spanyol Cortez 

membawa pulang tomat dari Meksiko pada 1519. Hal inilah yang kemudian menciptakan hidangan spageti dengan saus tomat.

• Pabrik pasta pertama di Amerika dibuka di Brooklyn, New York, pada tahun 1848, oleh pria Pranccis bernama 
Antoine Zerega.

Tuan Zerega mengelola seluruh pengoperasian pabrik hanya dengan bantuan seekor kuda untuk mengoperasikan mesin. Untuk mengeringkan spageti dia menjemurnya di atas atap rumah.

• Makaroni semula dianggap sebagai makanan kaum kerah biru – sebutan untuk kaum buruh – dan baru mengalami perubahan secara perlahan di tahun 60-70 an. Perubahan besar terjadi pada tahun 80-an ketika pasta naik kelas menjadi makanan kelas atas. 

Nah.. dengan info mengenai sejarah pasta di atas, pasti para penikmat pasta mulai sadar kan bahwa dalam pasta itu sendiri mengandung banyak cerita sejarah yang tidak bisa diremehkan.

selamat menikmati pastamu..... :)

Sumber : http://goformyblog.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Zona Pasta Indonesia © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes